Biodata

Selasa, 26 Januari 2010

Rekonstruksi Wajah Kota Pangkalpinang

Lapangan Merdeka Kini

Lapangan Merdeka Dahulu


Pangkalpinang, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung,

Selaras dengan Visi RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kota Pangkalpinang tahun 2007-2025 yaitu "Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat Melalui Pembangunan Yang Berbasis Perdagangan dan Jasa Dengan Dukungan Industri Unggulan". Pemerintah Kota Pangkalpinang mulai berbenah guna mewujudkan visi tersebut.

Dengan luas area yang hanya 11.840,8 Ha Pangkalpinang dituntut untuk dapat memberikan kemudahan baik administrasi birokrasi maupun fasilitas-fasilitas yang mempermudah dan mendorong iklim investasi. karena dengan luas area yang sangat terbatas dan sumber daya alam yang sangat minim, maka Kota Pangkalpinang harus dapat memunculkan sisi perkotaanya sehingga dapat menjadi magnet dalam aktivitas perekonomian khususnya dalam bidang perdagangan dikawasan regional.

Seiring dengan kedudukannya sebagai Ibukota Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, maka beberapa fungsi harus dijalankan yaitu :
1. Pusat Pemerintahan
2. Pusat Perdagangan dan Industri
3. Pusat Pelayanan Sosial
4. Pusat Administrasi
5. Pusat Lembaga Keuangan
6. Pusat Pemukiman Penduduk
7. Pusat Distribusi Barang

Berdasarkan semua hal tersebut, Pemerintah Kota Pangkalpinang mulai merekonstruksi wajah Kota Pangkalpinang guna memposisikan dirinya sebagai pusat perdagangan dan jasa dikawasan regional dengan berusaha mencitrakan dirinya sebagai daerah Perkotaan menuju Kota Metropolitan dan memberikan nilai positif dalam hal pelayanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar